| 0 komentar ]

Berislamlah seperti Ronaldinho
Bersepakbola

Ronaldindo hanyalah pemain bola. Tetapi ia menerapkan akhlak yang Islam ajarkan. Ia tahu bagaimana melakukan penyerangan dan bertahan. Ia mengatur strategi karena sedang dalam pertandingan. Kompetisi yang ditentukan waktunya, harinya, tanggalnya, nama kompetisinya, siapa saja lawannya, dan ia mematuhi aturannya, termasuk menerima hukuman jika melanggar, karena ia menghormati wasit.

Kemenangan Ronaldinho dipuji. Kekalahannya pun dinanti. Karena kemenangan dan kekalahan bukanlah tujuan tetapi bagian dari pelaksanaan "waaminus solihat." Ronaldinho "berislam" secara kaffah dan menerapkan "wal ashr. Innal insaana lafi khusrin, illa alladina aamanu waamilus solihati watawa shaubil haqqi watawa saubis sobri." .

Agama ini disebut Al Islam, bukan bernama agama al ashr, as sobru, agama al iman, al ihsan, al jihad, al perang, al serang, apalagi al bunuh, al hina, al leceh, atau al bum. Ia datang dan kita semua senang. Jahiliyah ditinggalkan bukan dinisbikan karena mereka dimuliakan, diselamatkan, didamaikan. -Islam telah menyempurnakan akhlak.

Keselamatan artinya ada situasi yang negatif lalu Islam datang da ia menjadi positif. Ada yang buruk lalu ia menjadi baik. Ada yang hina lalu menjadi mulia. Ada yang (maaf) bodoh lalu menjadi pintar. Ada yang amoral menjadi beradab. Bukan sebaliknya, ada yang positif lalu Islam datang dan menjadi negatif. Ada yang baik lalu ia menjadi buruk. Ada yang hidup lalu ia menjadi mati. Ada yang bernyawa lalu ia menjadi kejang dan sakaratul maut.

Begitulah Ronaldinho menerapkan "islam." Ia akan datang dan tak sembarangan menendang. Ia hanya melawan jika ada pertandingan, ada kompetisi. Dia tahu, mana kawan dan mana lawan, tapi ia tak menganggap semua orang adalah lawan. Ia tak akan marah sembarangan karena ada wasit yang menegakkan aturan. Ia akan patuh pada syariat sepakbola. Ia patuh jika kartu merah harus memintanya keluar lapangan. Ia pun tahu ketika pertandingan usai, mereka bersalaman atau tukar-menukar kaos, walaupun kaos itu lusuh, bau ketek pula.

Islam memang bukan sepak bola, Islam bukan Ronaldinho, dan Ronaldinho tidak beragama Islam, tetapi Ronaldinho mengajarkan kepada kita bagaimana Islam dipraktikkan, meskipun hanya di lapangan sepak bola. Aturan dan filosofi sepakbola seperti kita melihat bahwa itulah Islam yang rahmatan lil alamin. Semua negara dari yang besar maupun yang kecil, dari semua daerah, semua kota, semua orang yang menjadi umat sepakbola, selalu mengimplementasikan syariah sepakbola ini.

Kita tidak diharamkan perang karena Nabi kita juga perang: yang telah ditentukan rule of the war. Mungkin peperangan itu dilakukan bukan dalam kerangka kenabiannya, tetapi karena Muhammad SAW adalah kepala negara dan kepala pemerintahan. Ia harus mempertahankan wilayah kekuasaanya, menjaga kedaulatan negaranya, melindungi rakyatnya. Itulah sebabnya Nabi menyusun kekuatan militer. Bahkan mungkin perang pun tidak masuk dalam ranah status hukum: haram atau halal. Tak seperti status haram untuk babi atau halal untuk menikah. Karena Islam memang tidak dilahirkan sebagai agama perang. Islam dilahirkan sebagai agama keselataman: asalama-yuslimu-islam.

Muhammad SAW bukan hanya menjalankan misi kenabian, tetapi juga membawa misi kekuasaan karena Nabi juga sebagai kepala negara yang harus mengurusi politik, ekonomi, hukum, dan kepala pemerintahan yang mengurusi birpkrasi dan perlindungan kepada (tidak cuma umatnya) tetapi warga negara. Inilah yang oleh sebagian kelompok Islam di banyak negara yang menjadi landasan bahwa (agama) Islam tidak boleh dilepaskan dari kekuasaan, politik, dan seterusnya. Ini pula yang mendasari perlunya agama dan negara menjadi satu kesatuan: dalam semua urusannya.

Indonesia memiliki presiden, tapi dia tidak membawa misi "kenabian"-risalah agama-dakwah agama. Karena agama hanya diletakkan sebagai urusan privat yang kalau orang tidak shalat tidak pernah diadili di depan pengadilan. Indonesia memisahkan antara agama dan kekuasaan.

Itu sebabnya presiden apalagi polisi tidak bisa menangkap, menyeret dan memenjarakan siapapun yang dilabel "melanggar hukum agama." Penjara hanya untuk mereka yang didakwa bersalah karena hukum negara. Ronaldinho hanya bisa dikeluarkan oleh wasit dan bukan oleh penonton pertandingan apalagi oleh pemain lawan...!!

Jika ada penonton yang tidak puas dan mengeluarkan kartu merah, tirulah Arifin Panigoro, karena Arifin menciptakan Liga Primer Indonesia (LPI). Arifin menciptakan "negara" baru dengan aturan-regulasi-hukum yang sesuai prinsip-ideologi yang dipercayanya dan semua "umat" LPI harus tunduk pada syariah baru dan bersyahadat dengan syahadat yang baru, berhukum pada hukum yang baru.

Jakarta, 19 Feb 2011
Habe arifin

0 komentar

Posting Komentar